Menginstall SAP Netweaver 2004 (Java Version)

Setelah perjuangan yang berdarah-darah akhirnya saya berhasil juga menginstall dan menjalankan SAP Netweaver 2004. Dari mulai mendownload software trial-nya dari situs ini yang ukuran file-nya berGiga-Giga sampe memakan waktu berminggu-minggu karena server downloadnya terputus mulu, hingga menginstallnya yang banyak sekali error dan troubleshooting sehingga bikin sakit hati, frustrasi, dan hilang arah :D. Tapi akhirnya, saya menemukan momen Eureka karena pada suatu ketika saya berhasil menginstall dan menjalankannya. Hati sungguh sangat senang sekali ketika itu 😀

Masih awam nih dengan SAP, tapi dulu pas kuliah sempet dapet ilmu tentang ERP. Secara kasarnya, SAP itu ya software ERP yang tujuannya menintegrasikan seluruh komponen perusahaan baik sumber daya maupun proses bisnis suatu perusahaan, dari hulu ke hilir. Software yang mahal sekali harganya, kayaknya paling mahal sejagat. Software ERP selain SAP adalah Oracle EBS, PeopleSoft (yg udah dibeli Oracle juga), JD Edwarrds, Baan, dan Microsoft Dynamics. Aplikasi ERP yang open source juga ada si sebenernya, yaitu openbravo dan compiere. Nanti kapan-kapan saya bahas mengenai keduanya. Kalo IBM Websphere gw gak tahu itu software ERP atau bukan.

Karena saya masih awam, jadi gak tahu Netweaver itu bagian apanya si dari lautan SAP yang luas itu. Tapi dari beberapa artikel yang sudah saya baca, kayaknya Netweaver ini lebih ke Enterprise Portal, jadi bukan ke modul-modul fungsional kayak Supply Chain, Financial, HRIS, atau sebagainya.

Tanpa banyak basa-basi , berikut langkah-langkah untuk menginstall SAP Netweaver 2004:

  1. Download software-nya dari sini, saya mendownload yang versi Java. Terlebih dahulu di komputer harus sudah terinstall j2sdk 1.4._08 atau j2sdk 1.4._09. Dibilangnya si cuman versi java itu saja yang support, karena versi yang laen biasanya ada issue error yang aneh-aneh. Terus, cek dulu komputernya, minimal RAM harus 1GB.
  2. Ekstrak downloadan pake winrar, winzip, atau 7zip. Setelah selesai, buka file start.htm untuk mendapatkan petunjuk mengenai proses instalasi. Ikutin aja langkah-langkahnya.
    sap01
  3. Sejauh pengalaman saya menginstall SAP Netweaver yang kadang berhasil tapi sering juga gagal, saya dapat menimpulkan proses yang saya yakin selalu berhasil. Yaitu:
  • Klik sapinst.exe di folder installer SAP. Kalau di saya ada pada C:SAP InstallerNWSneakPreviewSP16SAP_NetWeaver_04_SR_1_Installation_MasterIM01_NT_I386SAPINSTNTI38.
  • Kalau Anda beruntung biasanya prosesnya lancar dan tinggal ikuti wizard saja. Tetapi seringnya si gagal dan muncul jendela error kayak gini:

    sap02

  • Jika hal ini terjadi, jangan dipijit dulu tombol Exit SAPinst. Tapi, klik file startinstgui.bat di folder yang sama, tunggu beberapa saat maka akan muncul jendela Licence Agreement. Ikuti terus langkah-langkahnya sampai selesai. Jangan lupa untuk tetap membaca file start.htm karena di situ terdapat petunjuk-petunjuk berarti yang membantu proses instalasi
  • Setelah instalasi selesai. Buka SAP Management Console,setelah instalasi berhasil iconnya ada di desktop atau di start menu. Klik kanan di bagian SAP System lalu pilih All Tasks>Start agar SAP System-nya jalan. Tunggu beberapa lama, sekitar 15 menit, agar server J2E-nya jalan semua dan semua warna J2E menunjukan warna Hijau. Kalau masih ada yang warna kuning berarti J2E-nya masih belum jalan semua dan belum bisa diakses. Lihat di Process List-nya, status semuanya harus All process running.

sap03

  • Setelah itu, buka browser, firefox atau internet explorer. Navigasikan ke http://localhost:50000/index.html untuk mengakses fitur-fitur yang sudah terinstall. Misalnya, klik SAP NetWeaver Administrator. Kalau berhasil (server J2E-nya jalan)maka akan muncul jendela login. Isi for login dengan username: Administrator dan password: abcd1234. Username dan password untuk aplikasi yang lain bisa dibaca di file start.htm

sap04
sap05

  • Habis itu bisa ngapa-ngapain deh. Tapi saya juga masih bingung nih, abis nginstall ini mau diapain ya softwarenya. Gak ada petunjuk. Rada ribet dan asing soalnya. Tapi Alhamdulilah udah ada Ebooknya, cari aja di google. Di rapidshare kayaknya ada.

sap06

Iklan

2 thoughts on “Menginstall SAP Netweaver 2004 (Java Version)

  1. mohon pencerahannya..(masih new bie)..:)
    Saya ingin belajar SAP stand alone dengan PC dirumah.
    apakah dengan SAP netweaver ini bisa langsung menjalankan SAP?
    butuh berapa banyak resource pada Harddisk?
    trims..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s