Karena Ubuntu

CD ubuntu yang saya pesan dari Ubuntu.com belum juga nyampe. Karena ga sabar menunggu (sungguh kesal menunggu) maka sayapun ya sudahlah pinjam dulu CD ubuntu dari teman (v.6.06 AMD_64).

ubuntu.jpg

CD-nya saya booting, nunggu bentar, sampe muncul tampilan desktop ubuntu live CD. Biasa aja, ga seheboh apa yang diomongin orang :). Saya pun kemudian bersemangat menginstallnya ke dalam hard disk. Perlu pengetahuan tentang partisi di linux. Tapi ya.. coba aja deh..

Ubuntu berhasil di install..

Tapi ubuntu-ku tak bisa muter MP3..
Tak bisa muter MPEG, WAV, CD Movie, DVD Movie, dan sebagian format lainnya

Hanya bisa muter ogg, dan legal format
males..

Nyoba nyari codec bwt ubuntu di internet. codec dan player2 aneh pun berhasil didownload. kembali ke ubuntu, codec dan player2 yang didapat tak bisa di install. Rupanya di linux kita mengenal konsep dependency. Nyari lagi di google, masalah jadi terpecahkan. harus download library-library yang mendukung format mp3 dan lain2nya. Download semua di packages.ubuntu.com.

Ubuntu ku jadi bisa muter mp3 dan format video lainnya. Tapi format DVD belum bisa diputer ga tau napa. DVD Goong S yang baru di beli belum bisa dimaenkan di ubuntu. Cape..

Beberapa hari kemudian.. aku menginstall ulang windows, lalu menginstall ubuntu lagi
sampe akhirnya terjadi error. sampe beberapa siklus akhirnya komputerku ke format!! 40 GB Hardisk Maxtor-ku ke format! damn!!!! data2ku hilang. Semua software yang saya punya dari semenjak kompie dibeli, sebagian ebook, dan semua proyek java-ku musnah..

Kapok..
Jadi nyalahin ubuntu. Ubuntu, linux for human being. Ga berprikemanusiaan bikin data2ku hilang. Untung yang Seagate 80 GB ga ke format. masih nunggu Ubuntu yg dari belanda. sedang download Ubuntu DVD Repo dari komo vlsm. ga kapok nyoba ubuntu, masih ngasih satu kesempatan bwt ubuntu tercinta. kalo kompie aye ke format lagi, awas ubuntu!!

Iklan

6 thoughts on “Karena Ubuntu

  1. yah, memang gampang gampang susah sih mas, tapi jangan putus asa 🙂 dan jangan lupa sebelum mencoba lagi untuk membackup data-data yang ada

  2. hehehe… ternayata ada yang senasip denganku. Laptopku dulu juga keFormat. Untung aja laptop baru, jadi belum banyak datanya 🙂
    Trus, udah berhasil install, eh… ternyata drivernya gak ada untuk Ubuntu. Buntu deh… Audio gak mo nyala 😦
    Semoga Ubuntu dikemudian hari bisa menjadi lebih baik. Biar bisa nyaingi Windows 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s