Memanfaatkan Efek Halo

Apa itu efek halo? Jika kamu ingin tahu definisi formalnya kamu tinggal ketik saja di google kayak gini define:”halo effect”. Lalu kamu akan disuguhkan beberapa definisi resmi tentang efek halo dari beberapa situs.

Kalo kamu sering mengamati bulan di malam hari, terutama saat bulan purnama, kamu akan melihat lingkaran di sekitar bulan tersenyum itu. Nah, itulah efek halo menurut fisika.(hehe, udah pada tau ya..)

Efek halo menimbulkan kesan tertentu pada sesuatu yang ditempelinya. Bulan jadi kelihatan jauh lebih indah dengan keberadaan lingkaran cahaya di sekitarnya. Kamu yang memiliki efek halo akan terlihat beberapa derajat lebih bercahaya.

Makanya, efek halo sering dimanfaatkan oleh para pemasar produk. contohnya ipod (seperti yang suka dibilang di wikipedia). IPod menimbulkan kesan positif untuk seluruh produk Apple, padahal belum tentu produk Apple yang lain semanis iPod. Di dunia permobilan juga seperti itu. Mereka membuat apa yang disebut halo vehicle untuk menimbulkan image yang bagus terhadap mobil yang lainnya.

Apple Halo Effect 1

Efek halo bisa kita manfaatkan untuk hal-hal kayak gini:

  • Kamu ga perlu bisa segala hal. kamu hanya perlu mempelajari satu hal yang kamu anggap bisa kerjakan dan latih. Tunjukan keahlianmu di bidang itu dan kamu seiring dengan waktu akan terlihat berpendar-pendar. Entah itu kamu jago maen gitar, suka bikin antivirus, bisa nyanyi, jago ngomong, jago presentasi di depan banyak orang dan sebagainya..
  • Putar musik yang kamu suka di situasi keramaian. Usahakan musik yang romantis. Nanti kamu juga akan disangka romantis. Kalo kamu pengen dianggap rocker, ya putar lagu-lagu rock..
  • Kamu ingin disangka lebih romantis? Coba deh kamu tongkrongin di depan orang-orang buku-buku kayak princess diaries, chicken soup, kebijaksanaan china klasik, dan buku-buku sejenis. Tapi kalau kamu pengen dipandang sebagai orang yang cerdas ya sebaiknya kamu bawa buku-buku kuliah kayak advanced kalkulus, multivariate statistics, advanced algorithm, dll..
  • Kamu ingin disangka rajin? masuklah kuliah lebih awal dari orang lain, keluar lebih lambat dari orang..

maybe segitu aja tipsnya. semoga berguna

Bulan

Iklan

6 thoughts on “Memanfaatkan Efek Halo

  1. @ brianari
    Tumben lo muji gw. You’ve got me!

    @ deKing
    That’s the point! Selamat mencoba, kalo babak belur jangan salahin aye ya.. šŸ˜‰

    @ Luthfi
    Baru bangun tidur mas? šŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s