Pahlawan Jakarta

Bencana banjir yang akhir-akhir ini terjadi menjadi berita utama berbagai media masa. Di televisi maupun di koran saya bisa menyaksikan potret orang-orang korban banjir.  Wilayah Jakarta terendam tujuh puluh persen, hampir-hampir tidak ada lagi ruang untuk air mata. Kasihan..

Ya, Jakarta seperti sedang berlangganan dengan masalah banjir. Bisa dipastikan kalau setiap tahun apabila hujan turun lalu menyebabkan banjir di mana-mana. Seperti sudah di set-up kalau takdir Jakarta adalah kemacetan, penumpukan sampah, dan banjir.

Tidak ada kah individu, kelompok, atau kumpulan kelompok yang bisa mengatasi ketiga masalah itu? Apakah sesulit itu mendidik orang untuk mengantri, belajar membuang sampah dengan tertib, dan melakukan penghijauan? Saya tahu masalahnya tidak sesederhana itu. Tapi bukan tidak mungkin kan?

Gotham City memiliki sosok pembelanya bernama Batman. New York City juga memiliki pahlawannya yaitu Spiderman. Lalu Metropilis punya superhero-nya sendiri,  si Superman. Maka Jakarta, siapa pahlawannya? Dia lah atau mereka lah yang bisa mengatasi kemacetan, sampah, dan banjir di ibu kota. Siapa pun, entah itu Sutiyoso,  Sumarno, atau Suparman.

Pahlawan ini jangan ditunggu, tapi dibentuk. Bentuk saja diri sendiri menjadi pahlawan itu. Dengan memulai. Dari hal -hal kecil dulu juga tidak apa-apa. Karena tidak ada itu yang namanya hal kecil karena dengan seringnya dilakukan  hal kecil juga akan menjadi besar. Jangan juga mengandalkan satu orang untuk mengatasi masalah-masalah itu. Karena semakin banyak pahlawan maka ibu kota akan semakin baik dan terlihat lebih tersenyum dengan lebih cepat. Bukankah nantinya akan lebih sedikit lagi orang yang menderita. Ayo lakukan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s